Langsung ke konten utama

Makanan Khas Jawa Barat Lotek dan Cara Pembuatannya

Lotek Bandung
Lotek Makanan khas Jawa Barat
Apakah Anda pernah menyantap gado-gado? Nah, lotek ini adalah makanan khas Jawa Barat yang tampilannya sangat mirip dengan gado-gado. Makanan ini berisi beberapa jenis sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang.

Bedanya, bumbu kacang untuk lotek ini kadang-kadang menggunakan terasi, sedangkan gado-gado tidak memakai terasi. Kadang-kadang penjual lotek juga menambahkan bakwan, ketupat, telur, dan juga kerupuk. Tingkat kepedasan lotek juga bisa disesuaikan dengan selera kita, lho.

 sumber : https://keluyuran.com/makanan-khas-jawa-barat/

Resep Lotek

BAHAN & BUMBU LOTEK

  • 100 gram kangkung, potong-potong
  • 100 gram toge, buang ekor
  • 100 gram labu siam, kupas kulit dan potong korek api
  • 50 gram kacang panjang, potong-potong 4 cm
  • 50 gram kol, iris-iris
  • 35 gram kacang tanah, goreng hingga matang
  • 5 buah cabe rawit merah (cengek domba) atau sesuai selera pedas
  • 30 gram gula merah
  • ½ sdt terasi, bakar
  • 2 cm kencur
  • ½ sdt garam
  • ½ siung bawang putih
  • 50 gram kentang, rebus lalu kupas kulit
  • 1 buah jeruk purut
  • 100 ml air
  • kerupuk
  • bawang goreng

CARA MEMBUAT LOTEK

  1. Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus masing-masing bahan sayuran yang sudah dicuci bersih, dapat secara berurutan dari warna terang ke gelap, kol, toge, labu siam, kacang panjang dan kangkung.
  2. Siapkan cobek, ulek cabe rawit, kencur, garam, terasi, gula merah dan bawang putih. Masukkan kacang tanah goreng kemudian ulek lagi sampai halus, masukkan kentang, ulek dan aduk rata.
  3. Tuang air dan air jaruk purut, aduk sambil diulek hingga rata. Terakhir masukkan sayuran, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu kacang, sajikan dengan kerupuk dan bisa tambahkan taburan bawang merah goreng.
Sumber:https://resepmasakankreatif.blogspot.com/2016/05/resep-lotek-bandung-bumbu-khas-sunda.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Khas Riau Lopek Bugi dan Cara Pembuatannya

Lopek Bugi Siapa yang tidak kenal dengan kue lopek? Kue yang terkenal di berbagai daerah di nusantara ini sebenarnya adalah kue khas provinsi Riau, tepatnya dari kabupaten Kampar. Lopek bugi atau dalam bahasa Indonesia berarti lepat ketan awalnya merupakan panganan khas yang dibuat untuk kaum bangsawan. Tpai saat ini, lopek bugi tak hanya disantap oleh orang-orang turunan ningrat, tetapi juga oleh masyarakat luas tanpa dipisah dengan batas. Di Riau kamu bisa dengan mudah menemukan lopek bugi. Kue ini bisa ditemukan di toko-toko buah tangan khas Riau ataupun di gerai-gerai yang berjejer di sepanjang jalan Pekanbaru – Bangkinang. Dikarenakan peminatnya yang banyak, kue lopek bugi hampir setiap hari diproduksi dalam jumlah banyak. Buat kamu yang lagi ada di Pekanbaru, sangat wajib untuk membeli kue lopek bugi khas Riau untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sumber: https://makananoleholeh.com/makanan-khas-pekanbaru-riau/#20_Lopek_Bugi Untuk Bahan dan Cara membuat lapek bugi

Makanan Khas Riau Miso dan Cara Pembuatannya

Miso Miso atau mieso adalah makanan khas Pekanbaru yang mudah didapati di berbagai sudut Kota Madani. Selain di Pekanbaru, mieso juga bisa ditemui di beberapa daerah lain yang seperti Medan dan Pekalongan. Untuk kamu ketahui, mieso adalah makanan berkuah yang mempetemukan ragam bahan seperti mie kuning, mie putih, suwiran ayam, tahu kering, kulit ayam renyah, dan potongan tulang ayam. Penggunaan bahan yang sederhana membawa pengaruh pada harga yang ditawarkan, yakni hanya sekitar Rp15.000 per porsinya. Di Pekanbaru ada rumah makan yang menjadikan mieso sebagai menu utamanya. Tempat tersebut bernama Mieso Pak Lek yang bisa ditemukan di J. Thamrin Ujung, Pekanbaru. Meskipun menyajikan makanan yang bisa juga ditemukan di warung-warung makan lain, mieso yang tersaji di Miso Paklek mempunyai cita rasa yang istimewa. Bahkan, saking enaknya warung makan Miso Paklek sudah penuh dikerumuni pembeli satu jam sebelum jam istirahat makan siang. Sumber: https://makananoleholeh.com/makanan-k

Makanan Khas Riau Gulai Ikan Patin dan Cara Pembuatannya

Gulai Ikan Patin Ada satu makanan khas Pekanbaru yang sangat fenomenal dan spesial. Makanan tersebut adalah gulai ikan patin. Di provinsi Riau, khususnya Pekanbaru, gulai ikan patin menjadi makanan yang tak pernah kehabisan penggemar. Pasalnya, kuliner berbahan dasar ikan ini mempunyai cita rasa yang sungguh nikmat dan bisa menggoyang lidah siapa pun yang mencobanya. Menu gulai ikan patin bisa ditemukan dengan mudah di restoran-restoran besar atau warung-warung makan yang tersebar di dalam area kota Pekanbaru. Gulai ikan patin merupakan makanan yang berasal dari Pekanbaru mempunyai kuah berwarna kuning pekat sebagai rendaman potongan-potongan besar ikan patin. Warga Pekanbaru biasanya tak hanya menyantap gulai ikan patin sendirian. Ada menu pendamping yang biasa disajikan saat menikmati gulai ikan patin, yakni nasi hangat, lauk pelengkap, dan beberapa jenis sayuran seperti pucuk daun ubi rebus. Cita rasa gulai ikan patin akan semakin nikmat apabila saat pembuatannya ditambahkan